Anda Penderita Maag, Saat Berbuka Hindari Mengkonsumsi Ini

Anda Penderita Maag, Saat Berbuka Hindari Mengkonsumsi Ini - Meski ajaran agama telah menganjurkan supaya kita berpuasa biar badan kita jadi sehat, namun kita mesti terus memperhatikan makanan & minuman selagi buka & sahur supaya kita terhindar dari gangguan pencernaan & tetap sanggup jalankan ibadah puasa. 
Anda Penderita Maag, Saat Berbuka Hindari Mengkonsumsi Ini

Sekian Banyak faktor yg perlu diperhatikan pada waktu berpuasa, terutama sesudah perut kosong salah satunya dapat terjadi peningkatan asam lambung yg sanggup menyebabkan gejala gangguan maag. 

Gangguan pencernaan ini pula menyebabkan rasa lapar lebih cepat datang, maka cukup mengganggu ketika melakukan ibadah puasa. 

Kondisi ini umumnya terjadi hanya pada 1 minggu puasa pertama & gejala ini Insya Allah tak dirasakan lagi pada minggu-minggu berikutnya. 

Jadi, bagi Kamu yg menderita sakit maag, jikalau sakit lambungnya sudah diobati, Kamu sudah dapat melaksanakan ibadah puasa seperti orang yg tdak menderita sakit maag. 

Dilansir dari sekian banyak sumber, sewaktu berpuasa, asupan makanan & minuman mesti jadi perhatian terutama pada penderita sakit maag. 

utk mencegah rasa sakit terus berlanjut, ada banyak hal yg mesti dihindari penderita maag waktu bln puasa.

1. Makanan pedas
Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lambung dan menimbulkan rasa nyeri dalam waktu cukup lama. Hindari makanan yang mengandung cabai dan merica agar maag tidak mudah kambuh.

2. Makanan yang mengandung gas dan terlalu banyak serat
Minum minuman bersoda atau mengunyah permen karet dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dalam lambung. Produksi gas juga terjadi akibat konsumsi sayuran, seperti kol dan sawi, serta buah-buahan seperti pisang ambon, nangka dan kedondong. Makanan yang terlalu berserat seperti kedondong dan buah yang dikeringkan.

3. Makanan yang sulit dicerna
Makanan yang sulit dicerna dapat memperlambat pengosongan lambung. Lambung yang kosong dapat menyebabkan peregangan di lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Makanan-makanan yang sulit dicerna lambung di antaranya makanan berlemak, kue tar, cokelat dan keju.

4. Sumber karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat memang baik bagi produksi energi dalam tubuh, namun ada beberapa sumber karbohidrat yang wajib dihindari untuk mencegah kambuhnya sakit maag. Antara lain mie instan, beras ketan, ubi, singkong, jagung, tales, dan bihun. Terutama mie dan bihun instan, perlu ditekan seminimal mungkin karena kandungan zat pengawet yang berbahaya.

5. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung
Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, minuman beralkohol 5 persen-20 persen, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream. Kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan merangsang buang air kecil berlebih (diuresis). Asam lambung yang naik bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa saat maag kembali kambuh.

6. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah
Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

Selain itu yang perlu diperhatikan, saat berbuka cukup dengan minuman yang manis dan 3 buah kurma setelah itu sholat Maghrib dan setelah sholat bisa mengkonsumsi makanan besar dengan tetap memberhatikan jumlah makanan dan macam makanan yang dikonsumsi. Anda harus tetap ingat bahwa dengan puasa membuat asupan makanan kita dikurangi.

Oleh karena jumlah makan malam tetap seperti biasa kita makan malam seperti biasa dan bukan menggeser jumlah makan siang dikonsumi saat malam, saat setelah kita berbuka puasa. Begitu juga saat sahur, hindari makanan yang sulit dicerna dan yang terpenting juga kualitas makanan yang dikonsumsi saat sahur.