Tips dan Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Tips dan Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi - Hipertensi atau yg tidak jarang dinamakan dgn tekanan darah tinggi yakni masalah umum yg juga bakal menyebabkan penyakit-penyakit yang lain seperti serangan jantung, kardiovaskular, penyakit ginjal, stroke, & diabetes. Tekanan darah tinggi terjadi jika terus menerus berada di 140/90 MmHg atau lebih. 
Tips dan Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Dibutuhkan pola gaya hidup yg seimbang buat menjaga tekanan darah tetap pada keadaan normal. Walau begitu, tetap ada sebagian orang yg tetap memakai obat-obatan tapi akhirnya tak efektif. 

Menurunkan berat tubuh terbilang cukup murah seperti contohnya olahraga. Kiat ini lumayan efektif utk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ialah trik menurunkan tekanan darah tinggi :

Olahraga
Dengan olahraga, Anda juga dapat menurukan tekanan darah tinggi dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang sedang dialami. Dianjurkan untuk olahraga melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Lakukan olahraga misalnya seperti jogging dan bersepeda. Cukup olahraga sekitar 30 sampai 60 menit. 

Konsumsi potasium
Kandungan potasium dapat didapatkan pada beberapa makanan seperti kacang polong, kurma, pepaya, bayam, dan kol. Potasium bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mnurunkan tekanan darah. Asupan potasium untuk orang dewasa sekitar 3.510mg/hari.

Mengurangi berat badan
Berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diusahakan untuk mengurangi berat badan tersebut dengan melakukan olahraga. Hal ini dimaksudkan karena dengan berkurangnya berat badan bisa menurunkan tekanan darah sistolik hingga 2-10 point.

Tidak Merokok
Rokok memang tidak baik bagi kesehatan seperti dapat merusak kesehatan mata. al ini dikarenana rokok mengandung nikotin yang dapat mengakibatan produksi adrenalin secara berlebihan. Adrenalin inilah yang dapat membuat jantung dan tekanan darah bekerja lebih keras.

Kurangi konsumsi garam
Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menurukan tekanan darah. Hal ini dikarenanakan garam dapat meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Mengkonsumsi garam tidak lebih dari 2400mg/hari atau sekitar 1 sendok teh. Cukup dengan mengkonsumsi garam kurang dari 1500mg/hari atau sekitar 2/3 sendok teh saja sudah bisa mengurangi tekanan darah lebih lanjut.

Hindari alkohol
Mengkonsumsi alkohol memang sangat tidak baik bagi kesehatan terlebih lagi bagi tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya dapat memperbesar risiko terjadinya hipertensi.

Hindari stres
Stres menyebabkan penyebab dari beberapa penyakik dan juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Stres dapat menyebabkan naiknya tekanan darah walaupun hanya bersifat sementara. Hindari diri Anda dari stres. Latihan pernapasan merupakan cara terbaik untuk mengatasi stres dan dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Itulah Tips dan Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.