Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa

Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa - Sesudah seharian berpuasa, memang lah paling enak minum air es yg membuat badan kembali segar. 
Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa

Tapi tahukah Kamu, rutinitas ini meminum es waktu berbuka puasa yakni kebiasaan yg tak sehat lantaran akan menyebabkan konstraksi terhadap lambung. 

"Biasanya waktu berbuka umat muslim cepat menghilangkan dahaga dgn air es, aku sarankan sebaiknya factor tersebut jangan sampai dilakukan, sebab bakal menyebabkan konstraksi terhadap lambung," kata Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam MKes. 

Dr Nursyam menyarankan saat berbuka puasa ada baiknya dibuka dgn meminum air manis hangat kuku buat menstabilkan lambung yg kosong selama menjalankan puasa.
Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa

"Setelah lima sampai sepuluh menit, silahkan minum air es karena kondisi perut sudah stabil. Namun alahgkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan yang manis seperti kurma dan kolak," tuturnya.

Nursyam menjelaskan, selama puasa 14 jam lambung dalam keadaan kosong.

Jika langsung diisi dengan air dingin, maka lambung akan terkejut dan menyebabkan konstraksi.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya itu menambahkan, dalam menjalankan puasa, pada saat akan tidur malam dan saat sahur ada baiknya memperbanyak minum air putih sampai dua liter.

Selain itu dengan memperbanyak makan sayur dan buah berserat juga bisa menjaga daya tahan tubuh serta memperlambat lapar.

Selain itu, makanan berserat juga bisa menahan daya tampung air di dalam lambung.