Tips dan Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tips dan Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi - Apa itu KolestrolKolestrol yakni sebuah penyakit yg disebabkan lantaran jumlahnya kandungan minyak yg di makan & jumlahnya lemak yg terkandung di dalam darah. Rata Rata orang pada waktu terkena kolestrol mereka merasa tak nyaman & tidak jarang mengalami tegang lantaran disebabkan adanya kandungan minyak & lemak dalam makanan tersebut. 
Tips dan Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya kolesterol amat sangat berperan bagi kesehatan terutama buat menopang proses pembentukan dinding sel & berguna sbg salah satu bahan baku pembentukan hormon pada badan. Tapi, kalau kadar kolesterol dalam darah telah melebihi kebutuhan, akan mengakibatkan timbulnya beraneka penyakit seperti : stroke & jantung koroner. 

Kolesterol bisa dikategorikan normal jikalau kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan jumlah kolesterol sudah diatas 240 mg/dl, maka bisa jadi bakal berisiko terserang penyakit yg disebabkan lantaran kolesterol. Berikut ini trik menurunkan kolesterol.

Olahraga rutin
Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol yang baik dan serta dapat menjaga kesehatan jantung. Kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, trigliserida. Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dan dapat membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Berjalan-jalan
Apabila tidak terbiasa dengan berolahraga secara rutin, Anda dapat menggantinya dengan berjalan-jalan. Berjalan-jalan merupakan cara yang sangat mudah, menyehatkan, dan hemat karena hanya membutuhkan sepasang sepatu. Latihan aerobik setiap pagi dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang pada akhirnya dapat tercegah dari berbagai penyakit berbahaya dan dapat menyehatkan tubuh, misalnya seperti : stroke, penyakit jantung, menurunkan berat badan, menjaga tulang tetap kuat.

Kurangi asupan karbohidrat
Mengurangi asupan karbohidrat dan serta mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki banyak kandungan lemaknya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol.

Mengkonsumsi lemak tak jenuh
Tubuh hanya membutuhkan sedikit lemak dalam pola makan sehari-hari, sekitar 25% sampai dengan 35% dari asupan kalori setiap harinya. Jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh adalah lemak tak jenuh, yang dapat ditemukan di kanola, zaitun, dan minyak safflower, dan sebagainya. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol kolesterol baik atau HDL. Sedangkan pula lemak jenuh dapat ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Walaupun begitu, lemak mengandung kalori dan lebih baik makan secukupnya saja.

Berhenti merokok
Apabila Anda menderita tekanan darah atau memiliki trigliserida yang tinggi, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dapat menjadi cara yang terbaik untuk Anda lakukan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tembakau berdampak buruk untuk kesehatan, sebab tembakau dapat meningkatkan tekanan darah serta detak jantung.

Teh hijau
Kandungan Theanine yang terdapat dalam teh hijau dapat meningkatkan kolesterol baik. Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Mengkonsumsi buah sitrus
Buah sitrus, seperti lemon, jeruk manis, jeruk nipis, dan jenis buah-buahan lainnya yang banyak mengandung zat pectin. Zat pectin merupakan jenis serat yang bagus untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Buah-buahan sitrus kaya akan kandungan anti-oksidan yang dapat memperkuat dinding arteri.

Tomat
Dengan cukup mengkonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya, hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Hindari stres
Stres dapat meningkatkan tekanan darah semakin tinggi sehingga menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak kolesterol menumpuk di dalam pembuluh arteri. Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang, stres mungkin dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan bahkan dapat meningkat secara drastis. Untuk mengurangi stres yang sedang di alami, Anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan stres.

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang merupakan cara menurunkan kolesterol. Buah yang berbentuk bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan, ada 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL.

Kedelai
Mengkonsumsi kedelai atau produk-produk yang berbahan dasar kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi kedelai setiap hari dikenal dapat mengurangi kolesterol serta dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

Kontrol gula darah
Gula darah yang tidak terkontrol secara baik, dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung dan Diabetes

Itulah Tips dan Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi yang dapat Anda lakukan. Perbanyak melakukan olahraga, mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, alpukat, dan lain sebagainya untuk dapat memaksimalkan menurunkan kolesterol.