10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Triviaries - 10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan, Gadget, Ponsel cerdas atau smartphone adalah telepon genggam yg mempunyai fungsi, kemampuan, serta penggunaan yg menyerupai komputer. Sebuah telepon yg menggunakan berbagai macam fitur canggih.
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Saat ini ponsel pintar sudah menjamur diseluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak - anak sampai dewasa semua sudah bawa smartphone. Di segala tempat & waktu kita banyak melihat orang menggunakan smartphone. Ini sebuah kemajuan yg tdak pernah terbayangkan sebelumnya. Dunia seolah-olah berada di genggaman tangan. Kita bisa berkomunikasi jarak jauh, saling berkirim pesan, main game, transaksi & belanja online dll karena smartphone berfungsi seperti komputer mini.

Kemanapun kaki melangkah pengguna smartphone selalu menatap layar ponsel seolah-olah tdak ingin terlewatkan hal penting. Namun tahukah kawan, bahwa penggunaan smartphone yg intens (terus menerus atau terlalu sering) bisa membawa dampak yg sangat buruk bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa dampak buruk bermain smartphone bagi kesehatan:

1. Mata lelah & sakit kepala
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Yang paling utama dan pertama yakni Mata, Jika kita terus menerus menatap layar dgn huruf yg kecil bisa menyebabkan mata lelah, penglihatan kabur, kepala pusing, & mata kering. Jika mata anda terasa tdak nyaman maka aturlah jarak pandang ke layar smartphone kurang lebih 3 0cm atau merubah ukuran font smartphone anda menjadi lebih besar.

2. Pembungkukan & Sakit Punggung
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Terlalu sering membungkuk akibat menatap layar smartphone bisa meningkatkan tekanan pada otot leher & punggung. Maka dari itu kurangilah waktu penggunaan smartphone anda atau taruhlah layar smartphone sejajar dgn mata anda.

3. Kram & nyeri otot

Menggunakan smartphone terlalu lama dapat mengakibatkan jari-jari & lengan kram, kesemutan, & mati rasa. Oleh karena itu lakukan peregangan jari-jari, luruskan lengan, & istirahat sejenak dari smartphone anda.

4. Nomophobia
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Merupakan kecemasan atau ketakutan yg luar biasa ketika jauh dari ponsel. Gejalanya sering memeriksa layar & isi ponsel, selalu membawa ponsel kemana-mana (ditaruh saku agar gampang utk memonitor setiap saat), merasa tdak bisa hidup tanpa ponsel, & takut kehilangan ponsel. Jika anda sudah merasakan gejala ini, ada baiknya anda berpikir tenang & bijak dalam penggunakan ponsel, sejenak menjauhkan diri dari ponsel. Kemampuan smartphone utk terus terhubung dgn dunia luar selama 24 jam & selalu update, menimbulkan rasa senang bagi penggunanya, hal ini memicu rasa kecanduan utk terus menggunakannya, katanya biar dibilang "Eksis". Baca Juga: Mengenal Nomophobia lebih lanjut dan Akibatnya!!

5. Rabun jauh
Memandangi layar smartphone terlalu lama bisa merusak kualitas pandangan mata.

6. Mengubah bentuk rahang

Jika anda sering meletakkan smartphone di dada, maka otomatis anda akan selalu memandang ke arah bawah terus menerus, hal ini mengakibatkan kulit tertarik ke bawah. Utk pencegahan usahakan selalu memandang dgn jarak pandang yg lurus ke depan.

7. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Pada saat menggunakan smartphone, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada smartphone & tanpa memedulikan keaadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yg menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan, atau menaiki eskalator yg dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri.

8. Mengganggu & mengurangi waktu tidur

Suara dari ponsel yg menandakan telp masuk, sms masuk, email masuk, membuat kita tertarik utk mengintip isinya. Alhasil hingga kita lupa waktu & membuat tidur lebih larut malam. Waktu utk beristirahat & memulihkan energi menjadi tdak optimal.

9. Mengurangi produktifitas

Penggunaan smartphone di lingkungan kantor bisa mengganggu konsentrasi kerja. Konsentrasi akan terbagi antara pekerjaan dgn aplikasi-aplikasi atau fitur-fitur smartphone.

10. Merusak otak
10 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan

Dampak buruk radiasi ponsel terhadap kesehatan memang masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel bisa memicu tumor otak & insomnia (susah tidur). Oleh karena itu jangan menggunakan ponsel ketika sinyal lemah karena pada saat itu ponsel akan bekerja lebih keras utk mencari sinyal sehingga menimbulkan radiasi yg lebih besar. Jangan meletakkan ponsel di dekat badan atau kepala pada saat tidur utk mengurangi dampak radiasi. Jika melakukan telp dalam waktu yg lama, ada baiknya menggunakan headset atau speakerphone karena memiliki jarak aman radiasi ponsel.

Sekarang sudah tahu kan beberapa dampak buruk penggunaan smartphone bagi kesehatan? Kesehatan itu mahal harganya. Mulailah bersikap bijak dalam menggunakan smartphone anda.