Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita

Triviaries - Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita, Halo bunda sista yang cantik dan kece-kece, kali ini admin punya informasi buat sobat pembaca setia blog kesehatan triviaries ini, nah yang akan kita bahas kali ini adalah Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita. Penasaran?? langsung terus disimak ya ladies!!
Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita

Cara tercepat & termudah menghitung masa subur wanita dgn menggunakan sistem kalender, Sistem Kalender sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu utk siklus haid yg teratur & tdak teratur, karena siklus haid tiap wanita akan berbeda-beda. Penting juga bagi kita utk mengetahui siklus haid kita seperti apa? Apakah teratur atau tdak. Penting utk diketahui juga seberapa lamapun siklus haid kita, menstruasi selalu terjadi pada hari ke-14 setelah siklus haid tersebut & itulah yg akan menjadikan patokan kita utk menghitung masa subur dgn menggunakan sistem kalender. Baca juga : Tips Lengkap Seputar Kehamilan
Cara Menghitung Masa Subur Siklus Haid Teratur
Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita

Utk siklus haid yg teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yg akan datang. Contohnya jika kita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari, kita terakhir menstruasi pada tanggal 2, maka kita akan mengalami menstruasi kembali pada tanggal 30. Jadi utk mengetahui masa subur anda, tanggal 30 dikurang 14 hari yaitu akan jatuh pada tanggal 16. Dgn menggunak rumus 14+/- 1 hari berarti masa subur kita akan terjadi pada tanggal 15,16,17. Bagaimana? Gampang bukan??
Cara Menghitung Masa Subur Siklus Haid Tdak Teratur
Sedangkan utk siklus haid yg tdak teratur, maka pertama tama harus dicatat minimal 6 kali siklus terajhir anda. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dgn 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, & 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. Contoh Menghitung masa suburnya dgn menggunakan kalender adalah misalkan tanggal menstruasi terakhir kita tanggal 2 berarti 2+8 = 10 & 2+20= 22. Jadi masa subur kita akan berada pada tanggal 10 sampai tanggal 22.

Selain dengan menggunakan Sistem Kalendr ada juga cara menghitung masa subur dgn Sistem Pengukuran Suhu TubuhYaitu dgn mencatat Basal Body Temperature (BBT), adalah temperatur tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas apa pun, adalah salah satu cara utk mengetahui masa subur wanita. Suhu normal tubuh wanita yg sedang tdak berovulasi adalah 35-37 derajat celsius, tetapi ketika akan masa subur wanita, BBT akan meningkat sekitar setengah derajat & tetap pada angka tersebut hingga sesaat sebelum haid. Akan tetapi cara ini bukanlah cara terbaik utk menghitung masa subur karena bisa saja tdak akurat. Karena utk suhu banyak sekali faktor yg mempengaruhi.

Nah sudah paham khan sobat, mungkin itu dulu yg bisa admin bagikan pada sobat semua tentang Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung kawan.