7 Cara Cepat Mengatasi Dilepen atau Nyeri Haid Terbukti Ampuh

Triviaries - 7 Cara Cepat Mengatasi Dilepen atau Nyeri Haid Terbukti Ampuh, Halo ladies dimanapun kalian berada, jika kamu membaca artikel ini berarti saat ini kalian tengah gelisah dan bingung nahan sakit akibat dilep ya, atau bisa juga disebut dilepen.
cara cepat mengatasi dilepen
Kodrat sebagai seorang wanita mengharuskan kita setiap bulan didatangi menstruasi atau haid. Menstruasi / haid sejatinya untuk membuang penyakit yang ada pada diri kita sist. Saat sel telur kita tidak dibuahi maka sel tlur tadi luntur dan mengakibatkan keluarnya darah haid.

Namun yang paling tidak disukai wanita ketika haid yakni terjadinya dilepen atau dilep atau nyeri berlebih karena haid. Tapi jangan khawatir admin punya SOLUSI MEREDAKAN DILEP / NYERI HAID DENGAN CEPAT dijamin Ampuh. Langsung saja ya simak tips berikut ini:

• Kompres hangat
cara cepat mengatasi dilepen
Jika ladies saat ini tengah merasakan dilep atau nyeri yg tak tertahankan, kmu bisa melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah yg kram & nyeri. Kompres dilakukan dgn cara menempelkan botol atau kantong karet yg berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yg direndam dalam air hangat, disertai dgn pijatan lembut pada daerah yg terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah & membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

• Hindari pakaian ketat
cara cepat mengatasi dilepen
Pakaian yg terlalu ketat tentu mengganggu kenyamanan, terlebih saat masa-masa menstruasi & nyeri yg sedang dialami. Karena itu lebih baik kenakan pakaian yg longgar & nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

• Mandi air hangat
cara cepat mengatasi dilepen
Manfaat dari mandi air hangat ini agar tubuh bisa relaks, sehingga dgn perlahan nyeri haid akan berangsur menghilang.

• Menungging
cara cepat mengatasi dilepen
Manfaat dari menungging saat nyeri haid agar rahim dapat tergantung ke bawah, hal ini dapat membantu tubuh untuk relaksasi.

• Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri Haid
Dan yang terakhir yakni minumlah obat atau minuman khusus untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi. Obat-obatan ini biasanya mengandung analgesik untuk meredakan nyeri, & antipiretik untuk pereda demam dgn dosis yg sesuai. Asalkan diminum sesuai aturan, obat-obatan ini tidak akan mengganggu kesehatan, bahkan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri selama haid. Tapi pastikan diminum sesuai aturan ya sist.

Untuk pencegahan kalian bisa menerapkan Tips & Cara Mengatasi Nyeri Haid dibawah ini sist:

• Minum Kunyit Asam Secara Rutin
cara cepat mengatasi dilepen
Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Cara membuat minuman ini pun cukup mudah, kunyit asam bubuk bisa diperoleh di toko jamu, Anda hanya perlu menyeduhnya lalu diminum. Atau Anda juga bisa membuat kunyit asam sendiri di rumah. Bahan-bahan yg dibutuhkan bisa didapat dgn mudah di pasar-pasar tradisional dgn harga terjangkau. Cara membuatnya ialah, parut beberapa ruas kunyit, tambahkan sedikit air, peras & ambil air sarinya. Tambahkan sedikit asam jawa & gula merah, kemudian rebus hingga mendidih & angkat. Jamu kunyit asam bisa diminum dalam keadaan hangat untuk mengurangi nyeri saat datang bulan.

• Konsumsi Makanan yg Mengandung Zat Besi
cara cepat mengatasi dilepen
Saat menstruasi, wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena itulah mengonsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi wanita yg sedang datang bulan. Contoh makanan yg mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi merah, hati ayam, & masih banyak lagi. Selain makanan tinggi zat besi, mengonsumsi buah-buahan & minum banyak air putih juga akan membantu tubuh lebih segar & terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman bersoda, es, & kopi, sebab hanya akan memperparah keluhan yg Anda alami.

• Istirahat yg Cukup
cara cepat mengatasi dilepen

Dgn beristirahat cukup, setidaknya tidur selama 7 jam di malam hari & meluangkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam bisa membantu tubuh lebih rileks & bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi.

Nah Itulah beberapa cara cepat mengatasi dilepen atau nyeri saat haid yg bisa sobat coba lakukan dirumah, namun jika cara diatas belum mampu mengatasinya nyeri haid berlebihan bahkan mengeluarkan darah haid banyak sebaiknya segera periksakan ke Dokter untuk penanganan yg lebih baik. Thanks sudah berkunjung kawan.