Lakukan Wudhu Sebelum Tidur, Agar Tidur Makin Nyenyak!!

Triviaries - Lakukan Wudhu Sebelum Tidur, Agar Tidur Makin Nyenyak!! ,  Halo sobat dumay semua , Bertemu dengan admin pada siang hari ini akan membahasa tentang Lakukan Wudhu Sebelum Tidur, Agar Tidur Makin Nyenyak!! , Nah, langsung saja dan simak ulasan berikut ini dengan baik!!

Agar tidur makin nyenyak & makin berkah, semua orang pada dasarnya disarankan utk berdoa & menata tempat tidur dgn baik. Di agama islam sendiri, sebelum tidur umat muslim disunahkan utk mengambil air wudhu terlebih dahulu. Wudhu sendiri merupakan salah satu aktivitas bersuci ygakan membuat seseorang suci dari hadast kecil di hadapan Allah SWT.
Lakukan Wudhu Sebelum Tidur, Agar Tidur Makin Nyenyak!!

Pada dasarnya, wudhu tak hanya bisa dilakukan sebelum mendirikan salat, sebelum membaca Al Quran atau beribadah lainnya. Sebisa mungkin, wudhu sebaiknya dilakukan kapan pun & dimana pun bahkan ketika seseorang tak akan mendirikan ibadah sekalipun. Wudhu juga menjadi salah satu aktivitas ygsangat disarankan utk dilakukan sebelum tidur. Diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, "Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci" (Hr. Ibnu Hibban & Ibu Umar R.A)."

Tak hanya didampingi Malaikat selama tidur, berwudhu sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
1. Menjaga Kesehatan Kulit & Wajah
Para ahli agama percaya bahwa berwudhu sebelum tidur akan membantu seseorang memiliki kulit ygsehat & bersih. Ia juga akan memiliki wajah ygsehat & bersih lagi cerah. Hal ini terjadi karena dgn berwudhu, seseorang sama saja dgn membersihkan kulit dari berbagai kotoran & kuman ygkemungkinan besar menempel di kulit & wajah.


2. Perasaan Tenang & Nyaman Saat Tidur
Dgn melaksanakan wudhu sebelum tidur, hal ini akan membuat perasaan menjadi lebih tenang & nyaman. Apalagi, jika dibarengi dgn membaca doa sebelum tidur & berdzikir sebelum tidur.


3. Otot-Otot di Tubuh Menjadi Lebih Rileks
Air wudhu ygmenyegarkan, dikatakan bisa membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks & nyaman. Memang, awalnya menyentuh air akan terasa sangat dingin. Namun, jika hal ini dilakukan secara ikhlas & tulus, dinginnya air malam tentu tak akan terasa lagi & aktivitas berwudhu pun akan semakin menyenangkan. Ketika otot tubuh rileks & pikiran nyaman, tidur pun pasti akan lebih berkualitas & mengesankan.


4. Mencegah Risiko Terserang Virus & Kuman Berbahaya
Air wudhu ygsegar akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun kuman. Wudhu ygmerupakan aktivitas bersuci akan membuat tubuh menjadi lebih bersih & kuman serta virus ygmungkin akan menyerang menjadi hilang bersama air wudhu ygmembasuh anggota tubuh.


5. Semakin Dekat Dgn Sang Pencipta
Wudhu merupakan salah satu aktivitas ibadah ygbegitu mulia. Saking mulianya, disarankan agar seseorang selalu menjaga wudhu & kesucian diri. Wudhu juga dilakukan setiap kali seseorang akan melakukan ibadah & bertemu dgn sang pencipta. Utk itu, tidak heran jika orang-orang ygselalu menjaga wudhunya akan semakin dekat dgn sang pencipta & semakin tulus & beribadah kepada sang pencipta.


6. Mengatasi Masalah Insomnia
Buat kita ygsering kali merasa tidak bisa tidur atau insomnia, disarankan agar kita mengambil air wudhu sebelum tidur. Karena wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran lebih tenang & nyaman serta malaikat senantiasa menemani kita saat tidur, bisa jadi hal ini akan membuat mu terbebas dari masalah insomnia & tidur malam kita pun akan semakin berkualitas.


Itulah beberapa manfaat dari wudhu sebelum tidur. Tak hanya akan membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak, berwudhu sebelum tidur juga akan membuat kita mendapatkan berkah dari Allah yglebih banyak. Well, bagi kita semua ygberagama muslim & beriman, usahakan utk selalu menjaga wudhu kita & usahakan pula utk melakukan wudhu sebelum tidur ya.

Nah, Sekian ulasan di atas tentang Lakukan Wudhu Sebelum Tidur, Agar Tidur Makin Nyenyak!!, Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat mencoba.