Anda Stres dan Membuat Susah Tidur? Atasi dengan Trik Simpel Ini

Triviaries - Anda Stres dan Membuat Susah Tidur? Atasi dengan Trik Simpel Ini, Saat sedang stres berat, biasanya kita akan susah berpikir jernih. Bahkan utk bisa menenangkan diri saja rasanya susah sekali. Mau tidur nyenyak pun rasanya mustahil utk dilakukan, padahal tidur itu penting sekali utk menjaga tubuhmu tetap sehat & bugar.
Anda Stres dan Membuat Susah Tidur? Atasi dengan Trik Simpel Ini

Saat stres bikin kita susah tidur, ada trik-trik yg bisa kita coba. Kita bisa pilih cara yg paling mudah kita lakukan. Stres pasti ada penyebabnya kan? Jadi sebaiknya temukan dulu penyebab kita merasa stres atau depresi sebelum mulai mencoba tips & trik ini.

1. Jalan-Jalan Santai di Ruang Terbuka
Tenangkan dulu pikiranmu. Segarkan dulu isi otakmu. Mungkin ada banyak pikiran & hal-hal yg merisaukan & membuatmu stres. Cobalah utk melakukan relaksasi dgn jalan-jalan santai di ruang terbuka. Bisa jalan kaki di halaman rumah atau mengelilingi komplek rumahmu.

2. Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin
Sangat disarankan utk mematikan lampu sebelum tidur. Tidur dalam gelap bisa menstabilkan kadar hormon melatonin (hormon yg terbukti bisa menekan pertumbuhan & penyebaran tumor payudara). Tidur dgn lampu dimatikan pun bisa menjaga kestabilan siklus sirkadian. Sehingga produksi hormon bisa terjaga dgn baik & tubuh lebih sehat.Penting pula utk mengatur tempat tidur senyaman mungkin. Suhu kamar juga perlu dipantau. Akan lebih baik kalau kita bisa membuat tempat tidur yg bisa memberi kehangatan. Sehingga tubuh bisa lebih rileks saat kita berbaring.

3. Matikan Gadget
Non-aktifkan semua gadget yg kita punya. Utk sementara waktu jangan biarkan pikiranmu terganggu dgn kesibukan main gadget. Agar pikiran bisa lebih jernih & tenang, kita perlu meminimalisir aneka gangguan atau hal-hal tak penting. Hentikan dulu kebiasaan menonton televisi atau menonton film utk sementara waktu.

4. Mengobrol
Mengobrol bisa bantu tenangkan pikiranmu. Apalagi kalau kita sedang memendam masalah atau ingin mencurahkan emosi & perasaanmu. Mengobrol dgn orang terdekat bisa bantu redakan stresmu. Saat hati sudah lega setelah curhat & mengeluarkan semua uneg-unegmu, kita bisa lebih cepat tidur.

5. Hindari Kafein
Efek kafein yg kita konsumsi bisa bertahan dalam tubuh selama 8-14 jam. Kalau ingin tidur nyenyak di malam hari, sejak siang atau sore harinya hindari minum atau mengonsumsi kafein. Selain itu utk menu makan malam coba utk mengatur menu yg kaya protein & karbohidrat kompleks.

6. Lakukan Yoga Ringan
Gerakan-gerakan yoga ringan bisa bantu membuat otot-otot tubuhmu lebih rileks. Aliran darah juga bisa lebih lancar. 5-10 menit melakukan gerakan yoga ringan bisa membuatmu merasa lebih tenang. & ketika berbaring di tempat tidur, kita bisa lebih mudah utk terlelap.

Stres memang kerap kita rasakan. Kalau diabaikan atau dibiarkan begitu saja, pola hidup & kesehatan kita bisa saja terganggu. & agar kita bisa tetap istirahat & tidur nyenyak saat stres melanda, coba lakukan tips-tips di atas. Pasti ada salah satu cara yg paling pas & ampuh buatmu. Semoga bermanfaat!!

Baca juga artikel menarik dari admin yakni: Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam